Selasa, 14 Mei 2013

pengantar bisnis tugas



TUGAS KELOMPOK


MATA KULIAH                   : PENGANTAR BISNIS
DOSEN PENGASUH          : M. RIDWAN RISTYWAN,SE MBA
PROGRAM STUDI               : MANAJEMEN
Disusun oleh

LANMAZI
121310560

ANITA
121310278



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
TAHUN AKADEMIK
2012/2013

MANAJEMEN JASA DAN OPERASIONAL MANUFAKTUR
Pengertian
Manajemen jasa
Pengertian Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan (oleh satu pihak kepada pihak lain) yang pada dasarnya tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan. Jasa memegang peran penting dalam pertumbuhan perekonomian karena jasa merupakan mata rantai dari semua sektor perekonomian; yang terlihat dari pengelompokan jasa sebagai berikut :
1.      Layanan Bisnis seperti :
Keuangan, Perbankan, Consulting dan lain-lain.
2.      Perdagangan jasa seperti :
Ritel, Perbaikan, Pemeliharaan
3.      infrastruktur layanan seperti :
Transportasi, Komunikasi
4.      Personal (Sosial) Layanan seperti :
Kesehatan, Restoran
5.      Publik Administratipn Layanan seperti :
Pendidikan, Pemerintah.
Manufaktur
Manufakturing adalah kumpulan aktivitas-aktivitas yang saling berkaitan mulai dari pracangan produk dan dokumentasinya, pemilihan material, perencanaan, produksi, quality assurance, manajemen dan pemasaran produk. Dalam proses tersebut bahan baku diubah manjadi produk jadi.  Dalam pengertian lain manufaktur adalah suatu kegiatan dan proses yang digunakan dalam pembuatan produk nyata,  dan juga disebut sebagai produksi.
Perbedaan manajemen jasa dan manufaktur.
Manajemen jasa.
        Produk tidak terlihat (intangible)
        Produk tidak dapat dijual kembali
        Produk tidak ada sebelum dibeli
        Produk tidak dapat disimpan
        Produksi dan konsumsi berlaku serentak
        Produksi dan konsumsi di lokasi yang sama
        Fungsi produksi dan penjualan tidak dapat dipisah
        Kepemilikan tidak dapat dipindahkan
        Pembeli berperan dalam proses produksi
        Membutuhkan kontak langsung
Sedangkan manufaktur.
        Produk terlihat (tangible)
        Produk dapat dijual kembali
        Produk dapat didemo / dipragakan
        Produk dapat disimpan
        Produksi mendahului konsumsi
        Produksi dan konsumsi dapat di tempat terpisah
        Fungsi produksi dan penjualan terpisah
        Kepemilikan dapat dipindah
        Penjual memproduksi
        Memungkinkan kontak tidak langsung antara perusahaan dan pelanggan
Sifat manajemen operasi
Manajemen operasi, pengembangan dan administrasi aktivitas terlibat dalam mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa. Manajer operasi mengawasi proses transformasi perencanaan dan perancangan sistem operasi, pengelolaan logistik, kualitas, dan produktivitas. 
kualitas dan produktifitas telah menjadi aspek fundamental dari operasi mangement karena munculnya sebuah perusahaan yang tidak bisa membuat produk-produk berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen, menggunakan sumber daya secara efisien dan efektif, tidak akan mampu untuk tetap dalam bisnis.
historis, mangement operasi telah disebut produksi atau manufaktur terutama karena munculnya pandangan bahwa itu terbatas pada pembuatan barang fisik.
perubahan dari produksi pada operasi mengakui imfortain semakin banyak organisasi yang menyediakan layanan dan ide-ide.
Pabrik atau  pembuatan yaitu Kegiatan dan proses yang digunakan dalam pembuatan produk nyata, juga disebut produksi.
sehingga kita menggunakan manufaktur dan produksi yang  dipertukarkan untuk mewakili kegiatan dan proses yang digunakan sebagai pembuatan produk nyata. Produksi yaitu Kegiatan dan prosses yang digunakan dalam pembuatan,atau  membuat suatu barang atau mengubah suatu barang menjadi barang yang lain juga disebut manufaktur.  
Secara luas produksi merupakan segala perbuatan atau kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung yang ditujukan untuk menambah atau mempertinggi nilai dan guna suatu barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Secara umum Produksi merupakan semua perbuatan atau kegaitan yang tidak hanya mencakup pembuatan barang - barang saja, tetapi dapat juga membuat atau menciptakan jasa pelayanan, seperti acara hiburan, penulisan buku - buku cerita, dan pelayanan jasa keuangan. Operasi yaitu Kegiatan dan prosses yang digunakan dalam pembuatan produk berwuju maupun tidak berwujud.
proses transformasi
Dalam pandangan manajemen operasi adalah proses transformasi melalui Input Sumber daya seperti tenaga kerja, uang, bahan, dan energi yang diubah menjadi output, sedangkan output yaitu berupa Barang, jasa, dan ide-ide yang dihasilkan dari konversi input. proses transformasi menggabungkan input dengan cara yang telah ditentukan dengan menggunakan peralatan yang berbeda, proses prosedur di administrasi dan teknologi untuk menciptakan produk.  Jika ada penyimpangan antara Output aktual dan yang diinginkan, manajer dapat mengambil beberapa jenis tindakan korektif.
Proses transformasi menggabungkan input dengan cara yang telah ditentukan dengan menggunakan peralatan yang berbeda, proses prosedur di administrasi dan teknologi untuk menciptakan produk. jika ada penyimpangan antara Output aktual dan yang diinginkan, manajer dapat mengambil beberapa jenis tindakan korektif.
Transformasi dapat terjadi melalui satu atau lebih proses. dalam bisnis yang memproduksi furnitur kayu ek, misalnya input melewati beberapa proses sebelum berubah menjadi output akhir furnitur yang telah dirancang untuk memenuhi keinginan pelanggan.setelah melalui peroses tersebut kayu akn menjadi beberapa furnitur lain nya, seperti meja, kursi, lemari dan perabotan lain yang terbuat dari kayu.
manajemen operasi dalam bisnis jasa
Berbagai jenis proses transformasi berlangsung dalam organisasi yang menyediakan layanan, maskapai tersebut, perguruan tinggi, dan organisasi yang paling noprofit.
sebuah maskapai penerbangan mengubah input seperti employes, waktu uang, tetap melalui proses seperti pemesanan penerbangan penerbangan, pemeliharaan peralatan, pelatihan dan kru. Bagi kebanyakan organisasi, tujuan utamanya adalah untuk produk output bernilai lebih dari biaya gabungan dari input.
tidak seperti barang-barang berwujud, jasa, dan afektif tindakan atau kinerja yang harus diarahkan pada konsumen yang menggunakannya. sehingga ada komponen pelanggan yang signifikan untuk layanan yang paling baik.
Contoh atau layanan kontak tinggi termasuk perawatan kesehatan, real estate, pajak, persiapan pajak, dan pelayanan makanan.
Dengan demikian, organisasi pelayanan harus membangun operasi mereka di sekitar eksekusi barang, yang berasal dari perekrutan dan pelatihan karyawan yang sangat baik, mengembangkan sistem yang fleksibel, menyesuaikan pelayanan, dan mempertahankan kapasitas disesuaikan untuk menangani permintaan yang berfluktuasi.
            Bisnis yang memproduksi barang-barang yang nyata dan yang memberikan layanan atau ide-ide yang mirip namun berbeda. misalnya, kedua jenis organisasi harus membuat keputusan desain dan operasi. sebagian besar barang yang diproduksi sebelum membeli, tapi layanan sebagian besar ferpormed setelah pembelian.
Sifat dan konsumsi output.
Pertama produsen dan penyedia layanan berbeda dalam sifat dan konsumsi output mereka.  misalnya,  produsen istilah menyiratkan sebuah perusahaan yang membuat produk yang nyata,penyedia layanan. Di sisi lain, menghasilkan output yang lebih berwujud seperti  yang dilakukan AS. Di hyatt, para pelancong bisnis dapat mengevaluasi dalam komunikasi kamar dan restoran. manufaktur, dapat terjadi dalam lingkungan yang terisolasi, jauh dari pelanggannya. Di sisi lain, penyedia layanan karena munculnya kebutuhan mereka untuk kontak pelanggan, yang lebih terbatas dari produsen dalam memilih metode kerja, menetapkan pekerjaan, penjadwalan pekerjaan, dan melakukan kontrol atas operasi.
kualitas dari pengalaman pelayanan sering dikendalikan oleh seorang karyawan kontak layanan.
Dengan menganalisis proses kerja untuk menemukan langkah yang tidak perlu maka menghilangkan dan menggunakan tim untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut, secepat yang telah terjadi, seperti rumah sakit ini memangkas waktu tunggu pasien, penurunan persediaan kursi roda, menyiapkan ruang operasi lebih cepat, dan umumnya bergerak penderita melalui kunjungan rumah sakit mereka lebih cepat, dengan lebih sedikit kesalahan, dan dengan biaya yang lebih rendah.
keseragaman masukan.
Cara kedua untuk mengklasifikasikan perbedaan antara manufaktur dan penyedia layanan harus dilakukan dengan keseragaman masukan. Memproduksi biasanya memiliki kontrol lebih besar atas jumlah variabilitas sumber daya yang mereka gunakan daripada penyedia layanan. Misalnya, setiap pelanggan menelepon investasi kesetiaan cenderung memerlukan layanan yang berbeda karena kebutuhan yang berbeda, sementara banyak tugas yang diperlukan dilakukan untuk memproduksi fokus ford adalah sama di setiap unit pengelurannya.
Keseragaman pengeluaran.
Memproduksi dan penyedia layanan juga berbeda dalam keseragaman output mereka, produk akhir. Karena unsur manusia yang melekat dalam pemberikan layanan, setiap layanan cenderung dilakukan secara berbeda. Supaya dapat memberikan atau menciptakan suasana baru, sehingga barang yang diciptakan lebih berpariasi.
Tidak semua checker kelontong, misalnya, menunggu pelanggan dengan cara yang sama. jika yang tukang cukur dari stylist melakukan 15 potong rambut dalam satu hari, tidak mungkin bahwa setiap dua dari mereka akan persis sama. Pengalaman servie bahkan dapat bervariasi di McDonald atau burger king meskipun fakta bahwa dua rantai menggunakan prosedur dan proses yang sangat mirip. Morever dua pelanggan yang persis sama dalam persepsi mereka tentang pengalaman pelayanan.
Tenaga kerja yang dibutuhkan.
Poin  keempat perbedaan adalah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan output. Penyedia layanan umumnya tenaga kerja lebih intensif karena tingkat tinggi pelanggan kontak, rusaknya output, dan tingkat tinggi variasi input dan output. misalnya kualitas produk Adecco itu.
Produsen, di sisi lain, modal mungkin akan lebih intensif karena mesin dan teknologi yang digunakan dalam produksi massal barang akan sangat mirip pada barang yang diproduksi sebelumnya sehingga pembuatan suatu produk akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan pembuatan secara manual atau pembuatan secara tradisional. Karena dengan teknologi mesin maka produksi akan lebih efektif.
Pengukuran produktivitas.
perbedaan akhir antara penyedia layanan dan pembuatan melibatkan pengukuran produktivitas setiap output yang dihasilkan.
Salah satu tantangan bagi organisasi atau perusahaan dalam pencapaian tujuannya adalah bagaimana memanfaatkan dan mengorganisir sumber daya yang ada pada tingkat operasi yang produktif, atau dengan kata lain dapat memberikan kontribusi nyata pada kegiatan operasi organisasi atau perusahaan tersebut. Konsep siklus produktivitas atau kinerja menunjukkan peningkatan atau penurunan, hal ini dapat dianalisa dengan melakukan pengukuran-pengukuran.
Mengingat sumber daya manusia atau tenaga kerja merupakan faktor penggerak dari faktor-faktor lainnya, maka suatu organisasi atau perusahaan sangat penting untuk melakukan pengukuran-pengukuran produktivitas kerja karyawannya. Pengukuran mengenai produktivitas pada umumnya bersifat kuantitatif. Produktivitas berkaitan dengan efisiensi penggunaan input dalam memperoleh output. Dengan demikian produktivitas merupakan kombinasi efektivitas output dan efisiensi input, sehingga pdoduktivitas dapat diukur.
Perencanaan dan rancangan sistem operasi.
Sebelum sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk apapun, pertama kali harus memutuskan apa yang akan produk dan untuk apa kelompok pelanggan. Kemudian harus menentukan proses apa yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut serta fasilitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah barang produksi.
Keputusan ini terdiri dari perencanaan operasi. Meskipun perencanaan pernah bidang tunggal produksi dan departemen operasi, perusahaan sukses saat ini melibatkan departemen semua dalam sebuah organisasi, khususnya pemasaran dan penelitian dan pengembangan, dalam keputusan tersebut.
Perencanaan produk
Sebelum membuat produk apapun, perusahaan harus terlebih dahulu menentukan apa yang konsumen inginkan dan kemudian merancang produk untuk statisfy yang ingin diproduksi oleh perusahaan tersebut.
Proses perencanaan produk dilakukan sebelum suatu proyek pengembangan produk secara formal disetujui, sumber daya yang penting dipakai dan sebelum tim pengembang yang lebih besar dibentuk. Perencanaan produk merupakan suatu kejadian yang mempertimbangkan portofolio suatu proyek, sehingga suatu organisasi dapat mengikuti dan menetukan bagian apa dari proyek yang akan diikuti selama periode tertentu. Kegiatan perencanaan produk menjamin bahwa proyek pengembangan produk mendukung strategi bisnis perusahaan yang lebih luas dan menentukan:
  1. Proyek-proyek pengembangan produk apa yang akan dilakukan.
  2. Kombinasi pengembangan produk (produk baru, produk platform, atau produk turunan).
  3. Keterkaitan antar proyek dalam suatu portofolio.
  4. Waktu dan urutan proyek.
Dalam perusahaan, departemen teknik atau penelitian dan pengembangan dibebankan dengan mengubah ide menjadi produk desain yang bisa diterapkan yang dapat diproduksi secara ekonomis. Terlepas dari siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan desain produk tidak berhenti dengan cetak biru untuk sebuah produk atau deskripsi layanan perusahaan juga harus bekerja di luar produksi yang efisien dari produk untuk memastikan bahwa cukup tersedia untuk statisfy permintaan konsumen.
Rancangan proses operasi Sebelum perusahaan dapat mulai produksi, maka harus terlebih dahulu menentukan metode yang tepat untuk mengubah sumber daya untuk produk yang diinginkan. Di sisi lain, jembatan harus sering disesuaikan sehingga cocok untuk situs dan beban yang diharapkan, lebih jauh lagi, jembatan harus dibangun di situs daripada di pabrik.
Standardisasi
Kebanyakan perusahaan yang memproduksi produk dalam jumlah besar untuk menarik  banyak pelanggan telah menemukan, bahwa mereka dapat membuat  chepter dan lebih cepat dengan standardisasi desain. Standardisasi  Pembuatan komponen dipertukarkan identik atau produk.
Desain modular
Penciptaan item dalam diri berisi unit, atau modul, yang dapat dikombinasikan atau dipertukarkan untuk menciptakan produk yang berbeda.
Misalnya komputer pribadi umumnya terdiri dari sejumlah komponen CPU case, motherboard, chips, hard drives, kartu grafik, dan lain-lain.
Kostumisasi Memproduksi untuk  memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu atau produk yang diingin. Produk yang dihasilkan dengan cara ini umumnya unik.desain khusus digunakan  dalam komunikasi dan produk layanan. pelanggan dapat memilih model, ukuran, warna, gaya, atau desain produk.
Perencanaan kapasitas
Perencanaan proses oparation untuk organisasi melibatkan dua daerah penting perencanaan kapasitas dan perencanaan pacilitas. Kapasitas Istilah pada dasarnya mengacu pada beban maksimum yang dan unit organisasi dapat membawa atau beroperasi. Efisien perencanaan kebutuhan kapasitas organisasi dalam proses penting bagi manajer operasi.
            Di sisi lain, ketika ada kapasitas yang lebih tersedia daripada yang diperlukan, biaya operasi didorong sampai sia-sia karena sumber daya yang tidak terpakai dan sering mahal.
Perencanaan fasilitas
Setelah perusahaan tahu proses apa yang akan digunakan untuk membuat produk-produknya, yang kemudian dapat merancang dan membangun sebuah fasilitas yang tepat di mana mereka dapat  membuat sebuah produk yang baru.
Banyak produk yang diproduksi di pabrik-pabrik, tapi diproduksi di toko-toko, di rumah,atau dimana produk akhirnya akan digunakan.
Banyak perusahaan sedang mengembangkan kedua organisasi ATB untuk kontak pelanggan serta organisasi virtual.
lokasi fasilitas
Mana untuk mencari fasilitas perusahaan adalah pertanyaan penting karena, sekali keputusan telah dibuat dan dilaksanakan, perusahaan harus hidup dengan itu karena biaya tinggi yang terlibat. untuk meningkatkan produksi dan untuk memberikan insentif bagi starups kecil, banyak negara yang menawarkan bujukan pajak bagi perusahaan surya. Dalam keadaan yang sangat ramah surya seperti colorado, perusahaan bisa mendapatkan pengurangan pajak untuk memulai produksi, dan konsumen penerima rabat tambahan untuk menginstal sistem tenaga surya di rumah mereka dan bisnis.
Tata letak fasilitas
Mengatur tata letak fisik fasilitas adalah kompleks, tugas yang sangat tehnical. Beberapa arsitek industri spesialis dalam desain dan tata letak jenis usaha tertentu. ada tiga tata letak yaitu
1.      Posisi dasar tetap,
2.       proces, dan
3.       produk.
Sebuah perusahaan menggunakan tata letak posisi dasar tetap membawa semua sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan produk ke lokasi pusat.
Sebuah perusahaan menggunakan tata letak posisi dasar tetap dapat disebut organisasi proyek karena biasanya terlibat dalam proyek-proyek besar yang kompleks seperti konstruksi atau eksplorasi.
Perusahaan yang menggunakan layout Proses mengatur proses transformasi menjadi departemen yang terkait proses kelompok.
Organisasi IntermittentOrganisasi yang berhubungan dengan produk berkekuatan lasser dari pada organisasi proyek, produk mereka tidak selalu unik namun memiliki sejumlah perbedaan yang signifikan sehinnga masyarakat tertarik.
Tata letak produk Sebuah tata letak yang mengharuskan produksi dipecah menjadi tugas yang relatif simlpe ditugaskan untuk pekerja, yang biasanya diposisikan sepanjang jalur perakitan.
Organisasi manufaktur terus menerus Perusahaan yang menggunakan terus berjalan lini perakitan, menciptakan produk dengan banyak karakteristik serupa.
Teknologi
Setiap industri memiliki dasar, teknologi yang mendasari yang menentukan sifat proses transformasi itu, industri perawatan kesehatan melakukan penelitian tecnologies medis dan obat-obatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Komputer telah digunakan selama puluhan tahun dan pada skala yang relatif besar sejak IBM memperkenalkan seri 650 pada akhir 1950-an. Desain dibantu komputer (Computer Assisted Design ) Desain komponen, produk dan proses pada komputer bukannya piper.Komputer dibantu manufaktur Manufaktur yang mempekerjakan sistem komputer khusus untuk benar-benar membimbing dan mengontrol proses transformasi.
Komputer memberikan informasi kepada operator yang, mungkin, jika perlu, mengambil tindakan korektif.
Fleksibel manufaktur
Arah mesin oleh komputer untuk beradaptasi dengan versi yang berbeda dari operasi serupa. Misalnya, dengan instruksi dari komputer, satu mesin dapat diprogram untuk melaksanakan fungsinya untuk beberapa versi yang berbeda dari mesin tanpa mematikan lini produksi untuk refitting.
Komputer terintegrasi manufaktur
Sebuah sistem yang lengkap yang mendesain produk, mengelola mesin dan bahan, dan mengontrol fungsi Operasi Dalam.
Keberlanjutan dan manufaktur
Manufaktur dan sistem operasi bergerak cepat untuk membangun kelestarian lingkungan dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan alam. keberlanjutan berkaitan dengan mengurangi konsumsi sumber daya dan jangka panjang kesejahteraan planet ini, termasuk entitas alam dan interaksi organisasi individu, dan bisnis Misalnya, walmart bekerja untuk membuat toko dan produk yang lebih ramah lingkungan.
Mengelola rantai pasokan
Fungsi utama dari operasi adalah manajemen rantai pasokan, yang mengacu pada menghubungkan dan mengintegrasikan semua pihak atau anggota dari sistem distribusi dalam rangka untuk memenuhi pelanggan.
Pembelian
Pembelian, juga dikenal sebagai pengadaan, adalah membeli semua bahan yang dibutuhkan oleh organisasi. Departemen pembelian bertujuan untuk mendapatkan barang-barang dengan kualitas yang diinginkan dalam jumlah yang tepat pada biaya serendah mungkin.
Mengelola persediaan
Setelah barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk telah diperoleh, beberapa ketentuan harus dibuat untuk menyimpan mereka sampai mereka dibutuhkan. Pengendalian persediaan adalah proses penentuan berapa banyak persediaan dan barang yang diperlukan dan melacak jumlah di tangan, di mana setiap item, dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu.
- Model kuantitas pesanan ekonomis
- Manajemen persediaan Just-in-time
- Bahan-persyaratan perencanaan
outsourching
Semakin, outsourching telah menjadi komponen dari manajemen rantai pasokan dalam operasi.
Routhing dan penjadwalan
Setelah semua bahan telah diperoleh dan penggunaannya ditentukan, manajer harus kemudian mempertimbangkan routhing, atau urutan operasi di mana produk harus lulus.
Rute
Urutan operasi melalui mana produk harus lulus.
Pengendalian persediaan adalah proses penentuan berapa banyak persediaan dan barang yang diperlukan dan melacak jumlah di tangan, di mana setiap item, dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu.
- Model kuantitas pesanan ekonomis
mengelola Kualitas
Kualitas, seperti biaya dan efisiensi, merupakan elemen penting dari manajemen operasi, untuk produk yang cacat dengan cepat dapat merusak perusahaan.
kontrol cepat proses  organisasi digunakan untuk mempertahankan standar kualitas mapan.
Total quality management (TQM)
Sebuah filosofi bahwa komitmen yang seragam untuk kualitas di semua bidang organisasi akan mempromosikan budaya yang memenuhi persepsi pelanggan kualitas.
Pengendalian proses statistik
Sebuah sistem di mana manajemen mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang proses produksi untuk poinpoint masalah kualitas dalam sistem produksi.
Organisasi internasional untuk standardisasi (ISO)
Terlepas apakah sebuah perusahaan memiliki program TQM untuk pengendalian kualitas, harus cemara menentukan standar kualitas itu keinginan dan kemudian menilai apakah produk memenuhi standar itu. Inspeksi Pemeriksaan mengungkapkan apakah suatu produk memenuhi standar kualitas.
Sampling
Sebuah pertanyaan penting yang berkaitan dengan inspeksi adalah berapa banyak item yang harus diperiksa 
.







Dikutip dari buku pengantar binis, sebagai tugas kuliah



1 komentar:

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus